Halo Silahkan hubungi kami

Halaman rumah dipenuhi bunga-bunga dapat menjadikan hunian asri sayangnya terkadang bunganya tidak tahan lama sehingga diharuskan mengetahui cara merawat bunga. Hasilnya bunga lebih tahan lama.

Pentingnya merawat bunga, terlebih jenis tanaman hias yang dapat mempercantik rumah. Dengan membuatnya lebih tahan lama, hunian akan terlihat asri lebih lama. Tentu saja dapat membuat penghuninya lebih nyaman. 

Jenis bunga hias akan lebih tahan lama terlihat indah, bila dirawat setiap hari serta dipenuhi nutrisinya. Dikarenakan jenis tersebut mudah diserang hama dan dapat merusak keindahannya.

Beberapa Cara Merawat Bunga agar Tahan Lama Membuat Hunian Asri

Meskipun bunga membuat hunian lebih indah, namun tidak semua penghuni rumah mengetahui cara merawatnya, sehingga bunga menjadi lebih cepat rusak. Terlebih ada beberapa faktor yang dapat merusak bunga. 

Faktor-faktor yang dapat merusak keindahan bunga adalah hama, nutrisi tanah kurang, bunga tidak mendapat sinar matahari cukup, pot bunga terlalu kecil. Maka dari itu, agar bunga lebih tahan lama, sebaiknya mengetahui cara-caranya berikut ini:

  • Siram Bunga Setiap Hari

Menyiram bunga setiap hari adalah bagian dari cara merawat bunga agar tahan lama. Dikarenakan bila bunga cukup air akan mudah menyerap nutrisi dari bawah tanah sehingga tanah lebih subur.

Pastikan menyiram bunga dengan air bersih atau tidak terkontaminasi bahan kimia yang dapat merusaknya. Ketahui juga waktu terbaik untuk menyiramnya. Sebaiknya dilakukan pada waktu pagi dan sore hari. 

  • Gunting Daun yang Kering

Saat bunga tumbuh tinggi akan menggugurkan daunnya. Kadangkala daun yang sudah mati tersebut masih menempel di dahannya. Maka dari itu, sebaiknya untuk menggunting dan menghilangkannya saat ada daun mati.

Hal tersebut penting dilakukan agar nutrisi yang disalurkan ke seluruh bagian tanaman bisa terserap sempurna karena daun mati akan menghalangi penyebarannya sehingga lebih mudah layu.

  • Siangi Rumput di Sekitar Bunga

Rumput tidak hanya mengurangi keindahan bunga, tetapi juga dapat menghambat penyerapan nutrisinya karena nutrisi akan diambil oleh keberadaan rumput tersebut, sehingga pentingnya melakukan cara merawat bunga dengan menyiangi rumput tersebut.

Saat menyiangi rumput, sebaiknya dilakukan dengan cara manual karena bila menghilangkan rumput menggunakan bahan kimia, dikhawatirkan dapat diserap oleh tanaman sehingga racunnya akan terserap oleh tanaman bunga tersebut.

  • Berikan Pupuk

Bila ingin membuat bunga lebih tahan lama, sebaiknya untuk memberikan pupuk kompos dan pupuk urea secara bergantian. Dikarenakan terlalu banyak pupuk tidak baik untuk tanah. 

Atur waktu untuk memberikannya. Misalnya gunakan pupuk kompos dan pupuk urea berselang satu hari. Pastikan juga sebelum memberikannya, harus menggemburkan tanah terlebih dahulu lalu dicampurkan dengan pupuk. 

  • Ganti Pot Bila Sudah Tidak Sesuai

Tanaman bunga merupakan makhluk hidup akan tumbuh lebih besar. Saat tumbuh tinggi, pot kecil akan membatasi nutrisinya, sehingga diharuskan mengganti pot saat tanaman tumbuh. Dikarenakan pot kecil akan menghambat pernafasannya.

Pentingnya melakukan cara merawat bunga dengan cara ganti pot yang kecil dengan lebih besar agar bunga mendapatkan nutrisi cukup dan leluasa untuk bernafas sehingga tanamannya tumbuh tinggi. 

  • Berikan obat Anti Ulat/Hama

Ulat merupakan hama karena akan merusak daun dan bunga. Maka dari itu, harus menghilangkan ulatnya dengan cara memberikan obat anti ulat. Memberikan obat tersebut ulat tidak akan menyerang bunga.

Tidak sedikit bunga yang rusak keindahannya karena kelopaknya dimakan oleh ulat sehingga seringkali ditemukan kelopak yang berlubang karena dimakannya. Oleh sebab itu, cara merawatnya harus memberikan obat anti ulat.  

  • Tempatkan Bunga di Bawah Sinar Matahari Cukup

Sebagai cara merawat bunga, sebaiknya untuk memindahkan bunga ke luar halaman saat matahari mulai terbit agar mendapatkan sinar matahari yang cukup. Adapun waktu terbaiknya mulai dari jam 8 pagi hingga jam 11 siang. 

Bila bunga tidak mendapat sinar matahari cukup, akan menghambat proses metabolismenya sehingga tidak dapat tumbuh tinggi dan berbunga. Hal tersebut dikarenakan proses penyerapan nutrisinya tidak sempurna. 

  • Jangan Menyiramnya saat Matahari Terik

Meskipun sinar matahari bagus untuk bunga namun sebaiknya tidak menyiraminya saat terik matahari. Dikarenakan akan membuatnya layu sehingga tidak dapat menjadikan rumah lebih asri.

Bunga layu akan merusak keasrian rumah. Itulah mengapa tidak boleh menyiramnya saat matahari terik karena akan layu dan mati. Hal tersebut dikarenakan matahari terik dan air membuat bunga seperti terbakar.

  • Buat Tanaman Berjarak

Apabila memiliki beberapa tanaman, sebagai bagian dari cara merawat bunga harus membuat tanaman tersebut berjarak agar satu dan yang lainnya bisa bernafas leluasa dan menyerap nutrisi dari tanah dengan maksimal.

Selain itu, tanaman yang diberi jarak akan memberikan keleluasaan pada akar tumbuh lebih besar sehingga menyerap nutrisi tanah lebih banyak. Akar yang besar dan kuat membuat nutrisi diserap sempurna.  

  • Tidak Memetik Bunga yang Masih Kuncup 

Jauhkan bunga dari tangan jahil yang memetiknya saat masih kuncup. Hal tersebut dapat menghambat pertumbuhannya sehingga bunga tidak akan mekar sempurna serta diikuti oleh calon bunga lain. 

Apabila dipetik saat masih kuncup, seluruh bunga pada pohon tersebut tidak akan mekar sempurna. Masa usianya hanya selama kuncup yang dipetik pertama kali karena itu merupakan maksimal pertumbuhannya.

Dikarenakan keindahannya, hampir semua orang menyukai bunga. Dengan demikian, selalu berusaha supaya tanaman bunganya tumbuh sempurna serta berbunga tahan lama, sehingga diharuskan mengetahui beberapa cara merawat bunga.

Herawati Florist Surabaya merupakan toko bunga di Surabaya yang telah dipercaya sejak tahun 1988. Kami melayani perangkaian bermacam bunga papan untuk segala macam acara. Percayakan kebutuhan bunga rangkaian Anda bersama dengan kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start a Conversation

Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp