Halo Silahkan hubungi kami

Merawat bunga memang bisa dikatakan gampang-gampang susah jadi gunakan tips agar buket bunga tidak mudah layu. Akan sangat sayang jika mendapatkan hadiah bunga dari pasangan tapi cepat layu. 

Dengan menggunakan tips-tips ini setidaknya Anda bisa mempertahankan bunga-bunga tersebut sampai 7 hari. Tidak perlu khawatir karena tidak ribet sama sekali dan hanya membutuhkan sedikit waktu luang Anda.

7 Tips Agar Buket Bunga Tidak Mudah Layu

Jika Anda masih menganggap merawat bunga adalah hal yang sulit, rumit dan bahkan ribet. Sebaiknya simak 7 tips merawat agar buket bunga tidak mudah layu yang terbukti akan sangat membantu Anda.

  1. Simpan Pada Suhu Normal

Kadang kala banyak orang berpikir jika menyimpan bunga pada lemari pendingin membuat kesegarannya tahan lama. Padahal malah sebaliknya begitu dikeluarkan dari lemari pendingin kemudian dibiarkan menjadi lebih cepat layu.

Suhu pada lemari pendingin lebih rendah dari suhu ruangan jadi ketika dikeluarkan bunganya jelas sangat berpengaruh. Dari suhu dingin ke suhu normal mempengaruhi kesegaran bunga jadi sebaiknya perhatikan hal ini.

Salah satu tips agar buket bunga tidak mudah layu yaitu dengan menyimpannya di suhu normal saja. Hal ini sangat membantu agar lebih awet karena nantinya akan digunakan pada suhu ruangan.

  1. Hindarkan Dari Sinar Matahari Langsung

Terkena sinar matahari memang sangat baik bagi tanaman apapun namun berbeda dengan buket bunga. Karena memang ada beberapa jenis bunga yang tidak bisa terkena cahaya langsung sehingga harus benar-benar diperhatikan.

Sebaiknya cari tempat sesuai kebutuhan bunganya itu sendiri sehingga mampu bertahan dan tidak cepat layu. Cara penyimpanan ini sangat perlu diperhatikan jika Anda ingin bunganya lebih awet.

Jangan meletakkan buket bunga di ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari membuat bunga menjadi kepanasan sehingga lebih mudah layu jadi hindarkan dan cari tempat yang aman.

  1. Jangan Semprotkan Air Secara Langsung

Menyiram tanaman dengan air memang menjadi kebutuhan untuk bisa bertahan hidup dan tetap terjaga kesegarannya. Namun pada buket bunga sebaiknya jangan sembarangan dalam menyiram karena ada tips tersendiri harus diperhatikan.

Tips agar buket bunga tidak mudah layu yaitu jangan menyiram dengan menyemprotkan air secara langsung. Perhatikan juga seberapa banyak air yang Anda semprotkan karena bisa membuat bunganya busuk.

Memaksa menyiram dengan disemprot langsung kemudian airnya terlalu banyak justru cepat merusak bunganya. Jadi pelajari teknik menyiram dengan benar dan jangan asal memberikan air agar lebih tahan lama.

  1. Rutin Potong Tangkai Sekitar 1 cm

Jika Anda meletakkan buket bunga pada vas yang berisi air maka tips agar buket bunga tidak mudah layu ada perbedaan. Dibutuhkan perawatan rutin dengan memotong tangkai sekitar 1 cm.

Vas yang berisi air akan mudah diserap oleh tangkai bunga sehingga menyebabkan bagian bawah cepat membusuk. Jika dibiarkan terus menerus maka kebusukan yang terjadi semakin naik dan akhirnya bunganya rusak.

Maka untuk mencegah dan mengatasi hal ini bisa dilakukan pemotongan tangkai bawah kurang lebih 1 cm. Kemudian jangan lupa melakukan pergantian air antara 1 – 2 hari agar terjaga kebersihannya.

  1. Lapisi Bagian Bawah dengan Kapas

Sebenarnya tips agar buket bunga tidak mudah layu bisa dengan menggunakan bahan-bahan sederhana. Salah satunya adalah kapas dan plastik untuk menjaga kesegaran bunga sampai beberapa hari.

Basahi kapas dengan sedikit air kemudian pasang pada bagian ujung batang bunganya lalu lapisi dengan plastik. Anda bisa menggantinya kapas setiap hari kemudian tutup lagi dengan plastik begitu seterusnya.

Namun ada satu hal yang harus diperhatikan yaitu ketika akan ganti kapas sebaiknya potong dulu bagian bawah sedikit saja. Sekitar 0,5 sampai 1 cm untuk menghilangkan bagian yang menyerap air.

  1. Selalu Perhatikan Daun dan Batang

Tips agar buket bunga tidak mudah layu selanjutnya adalah dengan selalu memperhatikan setiap bagian bunganya. Baik dari daun maupun batang yang mengalami perubahan warna harus segera dipotong.

Tujuannya agar kerusakan tidak menyebar sampai ke bagian bunga sehingga tetap terjaga kesegarannya. Memang dibutuhkan ketelatenan dan kejelian dalam hal ini demi menjaga kesegaran bunga Anda.

Jika daun dan batang yang mengalami perubahan warna sudah dibersihkan sebaiknya ganti ke vas baru. Kemudian ganti juga airnya sehingga benar-benar terlihat segar hanya dengan perawatan sederhana seperti ini.

  1. Gunakan Tambahan Bahan-Bahan Dapur

Merawat kesegaran bunga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan tambahan yang ada di dapur. Seperti menggunakan gula, air perasan lemon dan cuka yang ditambahkan pada air di vas.

Gula sangat cocok digunakan untuk merawat bunga yang belum terlalu lebar sehingga lebih lama prosesnya. Sedangkan cuka sangat bagus untuk melawan bakteri dan menghambat pertumbuhannya sehingga tidak mudah busuk.

Cara menggunakan bahan-bahan ini tidaklah sulit karena cukup campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam vas. Jangan menambahkan terlalu banyak atau sesuai kebutuhan karena disesuaikan dengan seberapa banyak air yang digunakan.

Dengan menggunakan beberapa tips sederhana namun sangat membantu merawat buket bunga yang Anda miliki. Jadi tidak perlu lagi khawatir karena tips agar buket bunga tidak mudah layu dan tahan lama.

Dipercaya sejak tahun 1988, Herawati Florist Surabaya merupakan sebuah toko bunga di Surabaya. Untuk mendapatkan buket bunga Anda dengan warna yang tepat dan desain yang menarik, silahkan hubungi Herawati Florist Surabaya. Selain buket bunga, kami juga melayani perangkaian bermacam bunga asli maupun bunga artificial untuk segala macam acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start a Conversation

Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp