Halo Silahkan hubungi kami

Pernahkan Anda memikirkan suatu ide mendaur ulang bunga dari sisa-sisa pesta pernikahan. Sehingga tidak dibuang dengan sia-sia dan dapat dimanfaatkan.

Mungkin sering Anda temui ketika menghadiri sebuah pesta pernikahan, mulai dari dekorasi, papan ucapan, hingga buket pernikahan dengan memanfaatkan tanaman tersebut.

Bunga menjadi tanaman yang identik dengan suatu momen sakral yang banyak digunakan dalam berbagai acara. Sehingga kebutuhan akan pemakaiannya juga meningkat.

Namun sayangnya, ketika suatu acara telah selesai maka dibiarkan begitu saja. Padahal jika Anda jeli, sisa dekorasi yang tidak terpakai tersebut dapat dimanfaatkan menjadi berbagai kreasi.

Ide Mendaur Ulang Bunga Sisa Pernikahan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat kreasi dari bunga sisa pernikahan. Berikuti ini adalah beberapa ide yang bisa Anda praktikkan sembari mengisi waktu luang, simak ulasan berikut ini.

  1. Sebagai Pewangi atau Potpourri

Harumnya pewangi dapat membuat seseorang merasa lebih rileks, baik ketika beraktivitas atau ketika sedang bersantai di rumah. Memanfaatkan bunga untuk dijadikan sebagai pewangi atau potpurri adalah salah satu ide mendaur ulang bunga dari sisa-sisa pesta yang patut untuk Anda coba.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Caranya cukup mudah. Dimulai dari menyiapkan bahan-bahan seperti bunga yang sudah dikeringkan serta bisa dengan menambahkan bahan lain seperti irisan buah dan rempah-rempah kering.

Letakkan bahan tersebut dalam sebuah wadah atau mangkuk. Untuk menguatkan bau harumnya, Anda bisa menambahkan minyak aroma terapi. Sehingga potpurri sudah siap untuk digunakan sebagai pengharum ruangan.

  1. Jadikan Dekorasi Rumah

Pernahkah Anda memikirkan untuk memanfaatkan tanaman hias sebagai dekorasi rumah? Hal tersebut ternyata bisa Anda coba. Bunga yang sebelumnya telah dipakai dalam dekorasi pernikahan dapat dimanfaatkan sebagai centerpiece atau bunga meja, sehingga dapat mempercantik nuansa dalam rumah.

Untuk membuatnya sangat mudah, Anda dapat mengambil beberapa jenis bunga. Kemudian rangkai dan masukkan dalam sebuah wadah berisi air. Setelah itu letakkan di bagian tengah meja sebagai dekorasi rumah.

  1. Ubah Menjadi Buket Pernikahan Tahan lama

Memanfaatkan bunga untuk dijadikan buket menjadi pilihan lain. Jika biasanya berisi sekumpulan bunga segar, namun bisa juga dengan menggunakan yang sudah kering.

Cara membuat ide mendaur ulang bunga adalah dengan mengeringkan tanaman hias tersebut secara alami atau menggunakan bantuan alat seperti microwive. Selain itu juga bisa menggunakan silika gel.

Zat tersebut dapat membantu proses pengawetan. Setelah itu Anda dapat merangkai sedemikian rupa sehingga tampak menarik dan bisa dijadikan sebagai buket pernikahan.

  1. Gunakan Sebagai Proyek DIY

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan DIY? Ya, istilah ini sangat populer dan identik dengan kreatifitas membuat suatu karya seni sesuai keinginan pembuatnya.

Proyek DIY ternyata bisa diaplikasikan dengan menggunakan berbagai bahan, salah satunya adalah memanfaatkan bunga sisa pesta pernikahan yang tidak dipakai lagi.

Tanaman hias ini bisa dikreasikan ke dalam berbagai karya seni seperti kolase foto, lukisan, manik-manik atau berbagai karya lainnya. Ide mendaur ulang bunga satu ini patut Anda praktikkan.

Sebagai contoh jika Anda ingin membuat lukisan dengan menggunakan bunga. Anda dapat memanfaatkan kelopaknya yang telah dikeringkan untuk dijadikan medianya.

Dengan membentuk dan kemudian menempelkannya satu per satu hingga menjadi sebuah lukisan indah. Serta bisa juga diperjual belikan sebagai kado istimewa.

  1. Jadikan Donasi

Perlu Anda ketahui, ternyata sisa dekorasi sebuah acara yang tidak terpakai lagi bisa disumbangkan ke beberapa organisasi atau lembaga lainnya. Biasanya mereka memanfaatkan bahan tersebut untuk dijadikan sebagai karya seni.

Seperti rangkaian bunga, buket bunga kering, dan sebagainya. Bukan untuk dijual, namun justru akan disumbangkan ke berbagai tempat seperti panti asuhan. Kado istimewa tersebut bisa membuat mereka merasakan bahagia.

Tidak hanya digunakan dalam acara tertentu saja, ternyata tanaman hias ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kreasi dan karya seni yang sangat bernilai. Tertarik untuk mencobanya? Beberapa ide mendaur ulang bunga diatas dapat dijadikan rekomendasi bagi Anda.

Untuk mendapatkan rangkaian hand bouquet pernikahan yang tepat dari bunga segar dangan harga yang terjangkau, silahkan hubungi Herawati Florist Surabaya. Herawati Florist Surabaya merupakan toko bunga di Surabaya yang telah dipercaya sejak tahun 1988. Selain hand bouquet, kami juga melayani perangkaian bermacam bunga untuk segala macam acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start a Conversation

Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp