Halo Silahkan hubungi kami

Bunga memang selalu identik dengan keindahan pada warna dan kesegaran kelopaknya. Namun, tidak selamanya bunga yang dipetik dapat dinikmati keindahannya dalam jangka waktu lama. Padahal, harga bunga segar tidaklah murah dan terjangkau. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar bunga segar yang Anda miliki dapat terjaga nilai estetikanya dalam waktu lama adalah dengan cara mengawetkan dan mengeringkannya. Pengawetan tersebut tidak hanya dapat dilakukan dengan metode pengeringan di bawah sinar matahari saja. Setidaknya terdapat beberapa cara untuk mencegah agar bunga tidak kering dan berjamur yang dapat Anda terapkan.

Artikel berikut akan membahas secara lengkap mengenai beberapa cara atau metode pengeringan yang dapat Anda terapkan untuk menjaga keindahan dan nilai estetika dari bunga segar dalam waktu lama. Informasi lengkapnya dapat Anda ketahui berdasarkan penjelasan artikel berikut.

1. Bakar atau Panaskan Bunga Kering

Membakar bunga kering merupakan salah satu cara praktis yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keawetan bunga segar agar nilai estetikanya dapat dinikmati dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Salah satu indikator bunga kering yang baik dapat diketahui berdasarkan tekstur kelopaknya yang padat, keras, dan garing, tetapi tidak rapuh atau mudah sobek. Sehingga, jika tingkat kekeringannya kurang, bunga kering justru akan mudah membusuk dan berjamur.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan metode pengawetan bunga kering dengan membakarnya dalam oven. Cara ini memang sedikit berbahaya dan berisiko. Sehingga, Anda perlu berhati-hati.

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan bubuk granula gel silika penyerap lembab, kotak plastik tahan panas, dan microwave. Proses pengeringan dalam oven ini di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Masukkan gel silika ke dalam kotak plastik tahan panas. Tata dan ratakan hingga permukaan padat serta memiliki ketinggian yang sama. 
  2. Setelah itu, masukkan bunga kering Anda. Atur dengan posisi menghadap ke atas. Jaga agar jarak antar bunga agak jauh. 
  3. Ambil segelas air. Kemudian, masukkan ke dalam microwave bersama dengan kotak bunga kering dan gel silica
  4. Selanjutnya, bakar dan panaskan bunga kering di dalam microwave selama 2 menit dengan menggunakan suhu rendah. 
  5. Jika semua tahapan telah selesai, Anda dapat memanfaatkan bunga kering tersebut menjadi hiasan multiguna.

2. Menggunakan Hairspray

Bunga Kering

Sumber : https://www.freepik.com

Cara lain yang dapat Anda terapkan untuk menjaga nilai estetika pada bunga kering adalah dengan menyemprotkan sedikit hairspray. Sehingga, mampu mempercantik bentuk serta tampilan bunga, khususnya dalam kemasan plastik tipis.

Bagi Anda yang berencana untuk mengaplikasikan tips ini, ada baiknya untuk memilih hairspray dengan aroma yang tidak terlalu menyengat atau tidak terlalu harum. Hal tersebut karena aroma pada hairspray dapat mempengaruhi aroma pada bunga kering Sebaliknya, pilih hairspray dengan tingkat kekakuan tinggi 

Untuk dapat menerapkan metode ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah penggunaan hairspray pada bunga kering sebagai berikut.

  1. Semprotkan hairspray pada bagian kelopak bunga secara merata dan perlahan. Kemudian, tunggu hingga mengering.
  2. Selanjutnya, semprot hairspray dari bagian pangkal kelopak hingga menuju batang bunga.

Anda juga dapat menggunakan kuas jika merasa kesulitan untuk meratakan hairspray. Caranya yaitu dengan menyemprotkan hairspray pada wadah plastik dan oleskan liquid-nya pada bunga kering. 

Selain membuat bunga kering menjadi lebih kaku dan awet, metode dengan menggunakan hairspray ini dapat mempertahankan warna bunga agar tidak terlalu pucat. Penggunaan hairspray juga dapat membantu untuk memunculkan sedikit pigmen pada bunga kering. Bahkan, beberapa varian hairspray mampu membuat bunga kering menjadi lebih mengkilap dan tampak hidup.

3. Pilih Tempat Penyimpanan dengan Tepat

Memilih tempat penyimpanan yang tepat merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan agar bunga kering tidak mudah berjamur atau dihinggapi serangga. 

Karenanya, untuk menyimpan bunga kering, Anda dapat menempatkannya pada vas yang terbuat dari kawat atau rotan dengan banyak celah. Hal tersebut mampu menciptakan sirkulasi udara yang baik. Sehingga, media penyimpanan bunga tidak terlalu lembab.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bunga kering dan berjamur. Semoga informasi tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai cara alternatif Anda untuk mencegah agar kelopak bunga tidak berjamur dan mudah mengering.

Jika anda sedang mencari rangkaian bunga dari bunga segar dangan harga yang terjangkau, silahkan hubungi Herawati Florist Surabaya. Herawati Florist Surabaya merupakan toko bunga di Surabaya yang telah dipercaya sejak tahun 1988. Selain hand bouquet, kami juga melayani perangkaian bermacam bunga untuk segala macam acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start a Conversation

Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp