Halo Silahkan hubungi kami

Tanaman bunga selalu menjadi sarana hiasan di rumah, di kantor, di rumah makan,  atau di berbagai tempat lainnya. Anda yang menyukai bunga, tentu saja perlu mengetahui dan memahami cara merawat bunga tersebut supaya tampilan tanaman bunga yang Anda miliki selalu terlihat sehat, rapi, dan indah.

Setiap orang memiliki beragam alasan mengapa suka menanam bunga. Ada orang yang memang gemar mengoleksi tanaman bunga yang langka, mengoleksi tanaman bunga dari berbagai daerah, sampai menanam bunga untuk dijual kembali. Bunga juga dijadikan sebagai simbol cinta, kedamaian, dan keasrian alami.

Setiap bunga yang kondisinya sehat akan terlihat indah dengan corak warna alaminya yang optimal. Supaya Anda bisa mendapatkan kondisi yang demikian, Anda tentu merawat bunga tersebut dengan baik. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara perawatan beragam jenis bunga:

Beragam Cara Merawat Bunga Supaya Tahan Lama

Lavender parfume

Sumber: https://www.freepik.com

 

Bunga hias akan lebih tahan lama dan terlihat indah jika dirawat setiap hari dan selalu dipenuhi kebutuhan nutrisinya. Anda yang menyukai tanaman hias untuk mempercantik penampilan rumah Anda tentu saja harus mengetahui pentingnya dan cara-cara untuk merawat bunga tersebut.

Bunga hias memang akan membuat hunian Anda lebih indah, namun tidak semua orang atau penghuni rumah mengetahui cara merawatnya dengan baik, sehingga bunga menjadi lebih cepat rusak dan membusuk. Faktor-faktor yang dapat merusak bunga hias yang indah adalah hama, kurangnya nutrisi pada tanah, bunga tidak mendapat sinar matahari yang cukup, dan pot bunga yang terlalu kecil. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut ini supaya bunga di hunian Anda lebih tahan lama dan selalu indah:

Sirami Bunga Hias Anda Setiap Hari

Menyirami bunga hias setiap hari merupakan salah satu cara untuk merawat bunga supaya lebih tahan lama. Asupan air yang cukup untuk bunga, akan memudahkan bunga menyerap nutrisi dari bawah tanah, sehingga tanah menjadi lebih sebut. Anda perlu memastikan untuk menyiram bunga dengan air bersih yang tidak terkontaminasi dengan bahan kimia yang dapat merusak bunga. Siramilah bunga pada pagi dan sore hari.

Guntinglah Daun yang Kering pada Tanaman Anda

Bunga yang telah tumbuh tinggi akan menggugurkan daunnya. Namun kadang daun yang sudah mati masih menempel di dahan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunting dan menghilangkan daun mati tersebut dari dahan bunga, supaya nutrisi dapat tersalurkan ke seluruh bagian tanaman dan terserap dengan sempurna. Karena daun yang mati justru akan menghalangi penyebaran nutrisi tersebut, dan membuat bunga menjadi lebih mudah layu.

Siangi Rumput yang Ada di Sekitar Bunga

Rumput yang ada di sekitar bunga tidak hanya mengurangi keindahan bunga tetapi juga bisa menghambat penyerapan nutrisi bunga. Anda perlu menyiangi rumput dengan cara manual, hindari menghilangkan rumput menggunakan bahan kimia, karena dikhawatirkan bahan kimia tersebut dapat diserap oleh tanaman, sehingga racunnya akan terserap oleh tanaman bunga.

Berikan Pupuk Secara Teratur

Jika Anda ingin membuat bunga Anda tahan lebih lama, sebaiknya Anda memberikan pupuk kompos dan pupuk urea secara bergantian. Namun perlu Anda ingat, terlalu banyak pupuk tidak baik untuk tanah. Anda juga perlu mengatur waktu untuk memberikan pupuk, sebelum memberikan pupuk, Anda harus menggemburkan tanah terlebih dahulu kemudian mencampurkannya dengan pupuk.

Gantilah Pot Jika Tidak Sesuai

Bunga adalah makhluk hidup yang akan tumbuh lebih besar. Ketika bunga tumbuh semakin tinggi, pot yang kecil akan membatasi nutrisi yang dibutuhkan oleh bunga. Jadi Anda perlu mengganti pot saat tanaman telah tumbuh lebih besar.

Berikan Obat Anti Hama

Ulat adalah salah satu hama yang dapat merusak daun dan bunga. Oleh karena itu Anda harus menghilangkan ulat atau hama lainnya dengan cara memberikan obat anti ulat atau obat anti hama.

Anda dapat mengetahui cara lain untuk merawat bunga dengan membaca artikel yang berjudul Cara Merawat Bunga agar Tahan Lama.

Tips Merawat Bunga Anggrek Supaya Tumbuh Subur dan Cantik

 

bunga anggrek 10 tangkai

Sumber : https://pinus.florist/

Jika Anda menyukai tanaman bunga anggrek, tentu saja Anda juga harus mengetahui cara merawat bunga anggrek tersebut dengan benar. Karena jika anggrek tidak dirawat dengan benar, pertumbuhannya tidak akan maksimal, atau justru akan lebih cepat mati.

Bunga anggrek sangat diminati oleh banyak orang karena bentuk bunganya yang unik dan cantik, jenisnya pun sangat beragam. Bunga anggrek sangat cocok ditanam di Indonesia yang beriklim tropis. Merawat bunga anggrek harus dilakukan secara telaten dan perhatian supaya dapat berkembang dengan baik dan menghasilkan bunga yang bagus. Berikut ini adalah langkah-langkah perawatan bunga anggrek yang perlu Anda perhatikan:

Tempatkan Bunga Anggrek di Tempat yang Cocok

Bunga anggrek harus ditempatkan pada tempat yang kelembaban dan asupan cahayanya baik, yaitu antara 50-70% cahaya.

Pilih Media Tanam yang Sesuai

Bunga anggrek memiliki jenis yang beragam, setiap jenis anggrek harus ditanam pada media yang sesuai, yaitu pada pot tanah liat yang memiliki ruang drainase.

Siramlah Secara Rutin

Tips selanjutnya untuk merawat bunga anggrek adalah rutin menyiram anggrek setiap hari. Menyiram bunga anggrek harus dilakukan secara rutin pada pagi dan sore hari, yaitu pada pukul 07.00 – 09.00 pagi dan pada pukul 15.00 – 17.00 sore hari

Berikan Hormon ZPT Alami

Supaya pertumbuhan bunga anggrek dapat maksimal, Anda perlu memberikan hormon atau ZPT alami. ZPT alami dapat diperoleh dari kelapa asli dan perlu diberikan tiga kali dalam seminggu.

Informasi lain seputar perawatan bunga anggrek dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul Tips Merawat Anggrek agar Tumbuh Subur dan Cantik.

Beragam Tips Supaya Buket Bunga Tidak Mudah Layu

Hand Bouquet Ungu

Sumber: https://pixabay.com

Jika Anda memiliki buket bunga yang indah, tentu Anda akan menyimpannya dan membuat buket tersebut menjadi salah satu penghias ruangan. Namun buket bunga asli jika dibiarkan begitu saja dan tidak dirawat tentu lama-lama kan layu dan membusuk. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak beberapa tips merawat buket bunga di bawah ini, supaya buket bunga Anda tidak mudah layu dan tetap indah.

Simpan Buket Pada Suhu Normal

Banyak orang berpikir bahwa menyimpan buket bunga pada lemari pendingin akan membuat kesegarannya lebih tahan lama, namun justru sebaliknya. Ketika buket bunga dikeluarkan dari lemari pendingin dan dibiarkan, buket bunga tersebut akan lebih cepat layu.

Simpanlah buket bunga pada suhu normal atau suhu ruangan. Menyimpan buket pada suhu ruangan akan sangat membantu bunga awet lebih lama.

Hindarkan Dari Sinar Matahari Langsung

Bunga yang terkena sinar matahari secara langsung memang sangat baik. Namun berbeda dengan buket bunga, beberapa bunga yang terdapat dalam buket ada yang tidak tahan terhadap paparan cahaya matahari. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari meletakkan buket bunga di ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari juga dapat membuat bunga menjadi kepanasan sehingga bunga menjadi lebih mudah layu.

Hindari Menyemprotkan Air Secara Langsung

Bunga memang membutuhkan air supaya bisa tetap hidup dan tetap segar. Namun, Anda tidak dapat memberikan air pada buket bunga secara sembarangan. Hindari menyiram bunga dalam buket dengan menyemprotkan air secara langsung, Anda harus memperhatikan seberapa banyak air yang Anda semprotkan, karena terlalu banyak air dapat membuat bunga menjadi busuk.

Potong Tangkai Secara Rutin

Jika Anda meletakkan buket bunga yang Anda miliki pada vas yang berisi air, maka Anda harus rutin memotong tangkainya sepanjang 1 cm. Air di dalam vas lebih mudah diserap oleh tangkai bunga, sehingga akan menyebabkan bagian bawah tangkai bunga menjadi lebih cepat membusuk.

Jika bagian bawah tangkai dibiarkan terus-menerus, bagian yang busuk akan semakin naik dan membuat bunga menjadi lebih cepat rusak. Oleh karena itu, Anda harus memotong tangkai bagian bawah bunga kurang lebih 1 cm, dan mengganti airnya setiap 1 – 2 hari supaya tetap bersih.

Lapisi Bagian Bawah Buket Bunga dengan Kapas

Anda bisa menggunakan kapas untuk menjaga supaya buket bunga tidak mudah layu. Basahi kapas dengan sedikit air, kemudian Anda bisa memasangnya pada bagian ujung batang bunga kemudian melapisinya dengan plastik.

Anda bisa mengganti kapas setiap hari, kemudian menutupnya kembali dengan plastik. Sebelum mengganti kapas, lebih baik Anda memotong bagian bawah tangkai bunga sedikit, sekitar 0,5 – 1 cm untuk menghilangkan bagian yang menyerap air.

Tips lain untuk menjaga supaya buket bunga tetap awet dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul 7 Tips Agar Buket Bunga Tidak Mudah Layu.

Kenali Cara Merawat Bunga Artifisial Berikut Ini!

bunga matahari 3

Bunga artifisial atau bunga tiruan banyak menjadi pilihan untuk hiasan rumah, karena bunga ini praktis dan cara perawatannya termasuk mudah. Perawatannya memang mudah, tapi sering kali diabaikan sehingga bunga artifisial pun menjadi jelek karena kotor dan rusak.

Bunga artifisial terbuat dari plastik yang memiliki beragam bentuk. Bentuknya bahkan hampir menyerupai bunga asli, sehingga bunga artifisial ini menjadi alternatif hiasan di rumah. Meskipun bunga artifisial bukanlah bunga asli dan terbuat dari plastik, Anda perlu merawatnya dengan baik supaya bunga artifisial tersebut tetap indah dan warnanya tetap cerah.

Bersihkan Debu Pada Bunga Artifisial dengan Kemoceng

Anda dapat membersihkan debu yang menempel pada bunga artifisial menggunakan kemoceng. Pilihlah kemoceng yang lembut dan dapat menjangkau seluruh bagian bunga. Bunga artifisial memiliki bentuk kecil dan detail, sehingga ada banyak sudut yang dapat menyimpan banyak debu. Bersihkan debu tersebut secara perlahan pada setiap helai daun dan kelopak bunganya.

Semprot Bunga Artifisial dengan Udara yang Terkompresi

Setelah membersihkan debu pada daun dan bunga, Anda dapat menyemprotkan udara yang telah terkompresi pada bunga. Perlu diingat bahwa Anda tidak perlu terlalu banyak menyemprotkan udara pada bunga artifisial.

Bersihkan Bunga dengan Semprotan Khusus

Selanjutnya Anda dapat menyemprot bunga artifisial dengan semprotan khusus  supaya debu membandel dapat terangkat.

Kocoklah Bunga Artifisial dengan Garam

Anda dapat menghilangkan debu pada bunga artifisial dengan cara mengocok bunga tersebut dengan air garam. Air garam dapat menghilangkan kuman dan debu yang masih menempel pada kulit tanaman artifisial.

Semprotlah Bunga dengan Campuran Cuka dan Air

Campuran cuka dengan air juga bisa menjadi alternatif membersihkan bunga dari debu. Anda dapat mencampurkan sedikit cuka dengan air, kemudian mengocoknya dalam satu wadah, dan meletakkannya pada semprotan yang khusus untuk bunga artifisial.

Bersihkan Bunga Artifisial dengan Sabun dan Air

Anda dapat menjaga kebersihan bunga artifisial dengan menggunakan sabun dan air. Sabun berfungsi membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada bunga artifisial.

Informasi lain terkait cara perawatan bunga artifisial dapat Anda baca pada artikel yang berjudul Mengenal Cara merawat Bunga Artificial Agar Tetap Bersih.

Untuk kebutuhan karangan bunga, percayakan pada Herawati Florist Surabaya yang merupakan toko bunga papan Surabaya yang telah dipercaya sejak tahun 1988. Kami melayani perangkaian beragam bunga untuk segala macam acara. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start a Conversation

Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp