Halo Silahkan hubungi kami

Valentine

Jatuh pada tanggal 14 Februari, Hari Valentine telah menjadi momen istimewa yang dinanti-nanti oleh banyak orang di seluruh dunia. Sebagai hari di mana cinta dan kasih sayang diungkapkan, Valentine menjadi kesempatan yang berharga untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, keluarga, dan teman-teman terdekat.

Tidak hanya sekedar perayaan untuk kaum muda, Hari Valentine menyebar keberagaman dalam pengalaman cinta, merangkul berbagai generasi dan hubungan yang berbeda. Namun, apakah Anda tahu sejarah di balik Hari Valentine?

Artikel ini akan mengulas lebih lanjut mengenai asal-usul dan sejarah perayaan Valentine, serta memberi ide kreatif untuk merayakannya.

Sejarah dibalik Perayaan Hari Valentine

Lupercalia adalah nama sebuah perayaan kuno yang menjadi cerita awal di balik Hari Valentine. Perayaan yang berlangsung selama berabad-abad ini dilakukan untuk menghormati Dewa kesuburan. Meskipun Kekristenan telah diizinkan di Kekaisaran Romawi selama 150 tahun, perayaan ini tetap populer dan dirayakan secara luas.

Namun, ketika Paus Gelasius memimpin pada akhir abad kelima, festival ini dihentikan. Setelah itu, Gereja menetapkan tanggal 14 Februari sebagai hari untuk merayakan Santo Valentinus, seorang martir yang dihormati Gereja Katolik. 

Meski dihormati, identitas Santo Valentinus sendiri masih menjadi misteri. Salah satu cerita menyebutkan bahwa ia adalah seorang imam yang menentang dekrit Romawi yang melarang seorang prajurit untuk menikah. Ia kemudian dihukum mati karena melangsungkan pernikahan secara rahasia. 

Kisah lain mengatakan bahwa Valentinus adalah seorang imam yang jatuh cinta pada seorang wanita yang mengunjunginya di penjara. Dalam sebuah surat cintanya ia menuliskan kata-kata “Dari Valentine-mu” sebelum dieksekusi.

Foto Polaroid

Melihat Tradisi Valentine di Berbagai Penjuru Dunia

Meskipun ada beragam versi cerita yang populer, Hari Valentine sendiri telah menjadi perayaan atau budaya yang populer di berbagai negara. Di bawah ini adalah ragam tradisi perayaan Valentine di berbagai belahan dunia.

1. Pekan Manis di Argentina

Di Argentina, Valentine tidak dirayakan pada bulan Februari, melainkan dalam sebuah perayaan “pekan manis” pada bulan Juli. Pada perayaan tersebut, setiap pasangan saling memberikan coklat, permen, atau makanan manis lainnya. Meskipun awalnya dimulai sebagai inovasi komersial, hari tersebut kemudian menjadi tradisi Valentine yang diterima secara luas.

2. Desa Valentine di Prancis 

Prancis dianggap sebagai tempat dimana kartu Valentine pertama diterbitkan. Ini bermula pada tahun 1415 ketika Bangsawan Orleans bernama Charlie mengirim surat cinta kepada istrinya dari penjara. Desa di Prancis bernama “Valentine” bahkan berubah menjadi pusat romansa antara tanggal 12 hingga 14 Februari. 

3. Perayaan Tiap Bulan di Korea Selatan

Di Korea Selatan, pasangan romantis punya cara unik untuk mengekspresikan cinta mereka setiap bulannya. Mereka merayakan tanggal 14 setiap bulan dengan acara khusus. Bulan Mei jadi “Hari Mawar,” di mana mereka bisa saling memberikan bunga sebagai tanda kasih sayang. Pada bulan Juni, ada “Hari Ciuman,” di mana pasangan memberikan ciuman spesial satu sama lain. Lalu, bulan Desember menjadi “Hari Pelukan,” di mana mereka berbagi pelukan hangat.

4. Nikah Massal di Filipina

Di Filipina, Hari Valentine menjadi momen yang sangat spesial, terutama bagi pasangan muda. Pemerintah turut serta menyelenggarakan acara khusus di mana banyak pasangan muda memutuskan untuk menikah sebagai bentuk pelayanan publik. Acara ini bukan hanya pernikahan biasa, melainkan sebuah pesta besar yang diadakan dengan dukungan penuh dari pemerintah. 

Mawar Merah

Makna Simbol-Simbol Populer di Hari Valentine

Hari Valentine biasanya diwarnai oleh berbagai simbol dan makna yang melambangkan cinta, kasih sayang, dan romantika. Berikut adalah beberapa simbol utama dan arti di balik Hari Valentine:

1. Mawar Merah

Mawar merah telah lama dijadikan simbol cinta dan gairah. Awalnya mawar dikaitkan dengan Venus, dewi cinta Romawi, dan sejak saat itu, bunga ini menjadi pilihan populer untuk mengungkapkan perasaan cinta.

2. Panah di Hati

Gambar hati yang tertusuk panah melambangkan kerentanan dalam cinta. Ini mencerminkan risiko dan ketidakpastian yang mungkin dialami seseorang ketika mengungkapkan perasaan romantis.

3. Cupid

Cupid adalah bayi gemuk dengan sayap dan panah yang berasal dari mitologi Yunani. Ini menjadi simbol cinta dan daya tarik dimana panahnya diyakini dapat membuat seseorang jatuh cinta.

4. Permen Hati 

Permen hari dengan pesan-pesan manis menjadi simbol kebahagiaan dan kegembiraan dalam sebuah hubungan yang romantis. Simbol ini sering digunakan sebagai hadiah atau pengakuan cinta.

5. Cokelat

Cokelat adalah simbol manis yang tak terpisahkan dari Hari Valentine. Selain memberikan kenikmatan rasa, coklat juga mengandung makna keintiman dan kasih sayang. Pemberian coklat pada Hari Valentine sering kali diartikan sebagai ungkapan cinta dan perhatian yang mendalam.

Ide-Ide Kreatif Untuk Merayakan Valentine

Selain merayakan  melalui beragam simbol, Anda bisa menuangkan ide kreatif untuk menambah keromantisan momen spesial ini. Beberapa ide yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

1. Piknik Romantis

Ajak pasangan Anda untuk piknik romantis di taman atau pantai. Sediakan makanan favorit, minuman, selimut, dan nikmati waktu bersama di bawah langit terbuka.

2. Membuat Karya Seni

Berkolaborasi dalam menciptakan karya seni dapat menjadi pengalaman romantis yang memperdalam hubungan. Melukis bersama, membuat kerajinan tangan, atau bahkan memahat patung kecil bersama-sama dapat menjadi cara yang indah untuk menghabiskan waktu bersama pasangan di momen Valentine.

3. Masak Bersama

Menciptakan pengalaman memasak bersama adalah cara yang intim dan menyenangkan untuk merayakan hubungan. Pilihlah resep baru yang menarik, berbelanjalah bersama-sama, dan nikmati proses memasak berdua. Sebelum menikmati hidangan yang telah kalian buat, jangan lupa untuk membacakan surat cinta atau puisi khusus yang telah Anda siapkan. 

Jenis Bunga yang Cocok Untuk Merayakan Valentine

Memberikan bunga sebagai hadiah pada Hari Valentine adalah tradisi yang indah. Berikut adalah beberapa jenis bunga yang dapat Anda pilih untuk merayakan Valentine:

1. Mawar

Mawar merah adalah simbol cinta dan gairah. Ini merupakan pilihan klasik yang romantis untuk menyatakan perasaan cinta.

2. Tulip

Tulip hadir dalam berbagai warna dan memiliki makna yang berbeda, tetapi secara umum melambangkan kepercayaan dan ketulusan.

Bunga Anggrek Bulan

3. Anggrek

Anggrek sering dianggap sebagai simbol keindahan, keanggunan, dan cinta yang mendalam. Mereka juga menciptakan tampilan yang mewah.

4. Bunga Matahari

Bunga matahari melambangkan kebahagiaan, kehangatan, dan energi positif. Cocok untuk menyampaikan perasaan ceria.

5. Anemone

Bunga anemone melambangkan cinta yang tak terlupakan dan keinginan yang kuat. Warna-warna cerah mereka dapat menambahkan sentuhan segar pada momen Valentine.

Kesimpulan

Hari Valentine menjadi momen istimewa yang dirayakan di seluruh penjuru dunia. Tradisi ini melibatkan berbagai simbol, seperti mawar merah, panah di hati, dan Cupid, yang semuanya menggambarkan makna cinta, kehangatan, dan romantika.

Untuk merayakan secara kreatif, ide-ide seperti berkolaborasi dalam seni, piknik romantis, atau bahkan pengalaman memasak bersama dapat memberikan nuansa yang lebih intim dan personal. 

Apakah Anda Sedang Mencari Buket Bunga untuk Hadiah Valentine?

Setelah menjelajahi panorama sejarah Valentine, menggali kekayaan tradisi, serta mengeksplorasi ide-ide kreatif untuk merayakan hari kasih sayang, tiba saatnya untuk menambah sentuhan spesial pada perayaan Anda. Buket bunga merupakan simbol cinta yang abadi dan elegan, sempurna untuk mengungkapkan perasaan Anda. Untuk memastikan Anda mendapatkan buket bunga dengan kualitas terbaik, Herawati Florist di Surabaya adalah pilihan yang tepat. Kami menyediakan beragam pilihan buket untuk berbagai momen penting seperti anniversary, Valentine, wisuda, dan banyak lagi. Dengan harga terjangkau, desain yang cantik, serta layanan pengiriman di hari yang sama, kami siap menambah keindahan pada hari spesial Anda. Plus, nikmati gratis ongkos kirim untuk area Surabaya! Jangan tunda lagi, hubungi Herawati Florist sekarang juga dan temukan buket impian Anda!

Start a Conversation

Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp